Selasa, 26 November 2019

Wasiat Syaikh Abdul Qodir Jaelani-6 | JANGAN BERSANDAR PADA MAKHLUK




     Wahai saudaraku...dunia ini sebenarnya adalah penghalang akhirat. Selama engkau menggantungkan nasib dan menyandarkan diri kepadanya, maka dunia akan menjadi penghalang dirimu untuk menuju kepada Alloh Swt. Dunia akan menjadi tembok tirai yang membatasi dirimu dengan Alloh Swt. Janganlah berpaling kepada makhluk (dunia) agar dirimu bisa mendekat kepada Alloh Swt dan dan mendekat kepada Rahmat-Nya.
     Wahai saudaraku...jika engkau memperoleh kekayaan, kemudian engkau sedekahkan kepada fakir miskin, maka hal itu merupakan amal ibadah yang dapat diterima oleh Alloh Swt. Barangsiapa mencari dunia atasm dasar ini, maka hal ini bisa membersihkan kotoran-kotoran yang busuk dalam hati, dan Alloh akan menyelamatkanmu di akhirat kelak. Barangsiapa menginginkan dunia di akhirat, maka hendaknya beramal soleh serta bersedekah secara ikhas.
     Wahai saudaraku...ketahuilah, bahwa sejak semula duniawi sudah terbagi. Karena itu tinggalkanlah dalam memburunya, karena engkau hanya akan mendapatkan kesusahan saja. Bekerja memang ibadah,dan wajib engkau kerjakan., namun janganlah tergila-gila mengejar duniawi sampai-sampai engkau lupa kepada-Nya.
     Wahai saudaraku...para wali Alloh tidak akan mau mengerjakan semua itu, kecuali diniatkan hanya untuk mencari Ridho Alloh Swt. Segala yang dilakukan itu adalah karena Alloh semata dan berdasarkan Kitabulloh dan sunnah Rosululloh Saw. Cintailah sesamamu dan nasehatilah mereka dengan penuh kebijaksanaan yang mendalam.
     Syekh Hasan Basri pernah berkata : “Nasehatilah manusia itu dengan ilmu dan ucapan yang baik”. Wahai penasehat manusia, nasehatilah manusia dengan kejernihan batin dan ketakwaan hati. Janganlah kamu nasehati mereka demgan sikap yang buruk dan angkuh beserta kejelekan rahasiamu. Sesungguhnya Alloh Swt mencatat keimananmu dalam hati orang-orang mukmin sebelum mereka diciptakan. Maka berusahalah dengan bermujahadah untuk mencapai keberhasilan iman dan keyakinan serta berusaha untuk menaatinya. Mungkin dengan cara ini, Alloh akan melimpahkan Rahmat-Nya pada kita tanpa hisab.
     Ya Alloh...limpahkanlah rejeki pada kami, tetapkanlah iman kami dan jauhkanlah kami dari segala mala petaka...
     Ya Alloh...berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka.....Amin...!!!

Baca juga : Cara mensyukuri nikmat Alloh

Tidak ada komentar: