Selasa, 26 November 2019

Wasiat syek abd Qodir Jailani-8 | akhlak yang mulia

AKHLAK YANG MULIA

                                     AJARAN KE-37

                                                       AKHLAK YANG MULIA

     Wahai saudaraku...Rosululloh Saw melarang umatnya agar tidak menyebut asma Alloh dikamar mandi (WC), beliau juga melarang agar tidak memakai sutra dan emas bagi kaum laki-laki. Sebagaimana sabda beliau:
"Sesungguhnya kedua-duanya (memakai sutra dan emas) iniharam bagi umatku yang laki-laki.(HR.Abu Dawud dan Nasa'i)
     Wahai saudaraku...janganlah kau mau diajak oleh seseorang untuk melakukan perbuatan yang tidak benar, dan janganlah kau malu untuk menolaknya meskipun orangtuamu sendiri yang mengajaknya. Sebagaimana telah Alloh jelaskan dalam Al-quran:
"Dan Alloh tidak malu menerangkan yang benar"(QS.Al-Ahzab:53)
     Wahai saudaraku...berdoalah kau ketika mendengar suara adzan,,Rosululloh Saw bersabda:
"Apabila waktu adzan telah tiba (dikumandangkan suara adzan), maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan doa sampai waktu iqomat. doa tidak ditolak"
     Wahai orang islam...janganlah engkau mendahului salam kepada orang non islam. Apabila mereka mendahuluimu, maka balaslah mereka dengan ucapan "Wa alaikum", itulah perintah Rosululloh Saw. Ibnu Abbas pernah berkata: "Janganlah kau suka bersholawat (semoga Alloh memberikan Sholawat kepadamu) kepada orang biasa, sebab sholawat itu dikhususkan hanya kepada Rosululloh Saw. Hormatilah orang yang lebih tua dan sayangilah orang yang lebih muda. Janganlah kau berjabat tangan dengan orang yang bukan muhrimmu. Dan jangan kau keraskan suaramu ketika sholat berjamaah sedang dilakukan.
     Wahai saudaraku...Alloh Swt melarang hamba-Nya agar tidak menyebut-nyebut kebaikan yang telah dilakukannya kepada orang lain, karena hal itu bisa melenyapkan semua amal kebaikanmu itu..sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-quran:
"Janganlah kau menghilangkan pahala sedekahmu dengan mengungkit-ungkit (menyebut-nyebut) dan menyakiti (hati orang yang kamu beri sedekah).(QS.Al-Baqoroh:264)
     Wahai saudaraku...tujukanlah semua amalmu hanya kepada Alloh Swt agar Dia memberi Rahmat kepadamu dan berdoalah kepada-Nya agar semua amal perbuatanmu diterima disisi-Nya. Amin...!!! 

Tidak ada komentar: