Jumat, 19 Desember 2014

CARA SERVIS LAMPU LED | REPARASI LAMPU LED

Selamat datang sobat blogger semuanya...
 Kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara singkat untuk servis/reparasi lampu LED. Lampu led saat ini memang menjadi incaran para konsumen. Hal ini dikarenakan slogan yang diberikan, bahwa lampu ini bisa bertahan sampai 15 tahun. Memang sih, sebagian orang masih menyukai lampu lhe jenis essential ataupun spiral. Mereka mengatakan bahwa lampu led kurang terang, cahayanya terlalu menyilaukan. Yapp...itu adalah hak mereka. Saya sebagai penjual harus pandai-pandai dalam melayani permintaan mereka. Jika diluaran sana sudah banyak dijelaskan cara servis lampu lhe, baik berupa artikel ataupun video, maka disini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang cara servis lampu led. Peralatan yang diperlukan hampir sama dengan peralatan yang akan dipakai untuk servis lampu lhe biasa, antara lain :
 1. Obeng minus.
 2. Solder.
 3. Timah.
 4. Avometer.

 Pertama-tama perhatikan gambar dibawah ini...






Gambar diatas adalah salah satu lampu led murah yang harganya berkisar 20-30 ribu-an. Ukuran dayanya adalah 7 watt. Meskipun begitu, lampu ini cukup awet. Dengan pemakaian 24 jam non stop ( tak pernah dimatikan kecuali salah pencet saklar ), lampu ini bisa bertahan kurang lebih 7 bulan. Dan baru 2 hari yang lalu lampu ini meninggal dunia. Daripada saya buang,saya mencoba membongkar lampu led ini.
 Caranya adalah sebagai berikut :
 a.  Buka penutup lampu ( mika/kaca yang transparan). Hati-hati, awas pecah.
 b. Congkel pcb lampu pelan-pelan maka akan tampak seperti gambar dibawah ini...


Rangkaiannya cukup sederhana. Hanya terdiri dari 4 dioda sebagai penyearah tegangan, 2 tahanan, satu elco 100 v 47 uf, satu kapasitor milar dan 24 biji lampu led. Sekarang bandingkan dengan rangkaian lampu led 5 watt punya philip yang baru sebulan udah meninggal dunia....


Sangat jauh berbeda kan sob....? Untuk Lampu led philip ini, terus terang saya masih belum mampu mereparasinya, soalnya yang bermasalah kayaknya dari bolam lednya, dan pernah saya googling kata blog tetangga cukup dengan menggunakan stavol komputer, katanya sich tegangan lebih stabil,dan saya coba ternyata tidak cocok untuk kasus lampu saya ini.  Dan kebetulan, di wilayah saya belum ada yang jual led kayak gini. Dan untuk lampu yang satunya, yang rusak ternyata cuman elconya saja ( jebol ).  Jadi, saya cuman cari elconya saja di toko elektronik terdekat. Dengan harga yang tak sampai 5 ribu rupiah, lampu led saya bisa nyala lagi. So...jangan ragu untuk beli lampu led meski bukan merk terkenal. Karena kelebihannya adalah bisa direparasi sendiri he...he...he...!!!
Oke sob, itu saja artikel tentang CARA SERVIS LAMPU LED , Mudah-mudahan bermanfaat...

 Nb : baca juga artikel tentang

LAMPU LED MURAH BERKUALITAS 

CARA MEMPERBAIKI SEKRING OTOMATIS 

12 komentar:

Rahmat mengatakan...

grosir kaca/part lampu

desa kaligunting, CARUBAN,. kab.MADIUN

rahmat 082141571948

Unknown mengatakan...

MENERIMA PELATIHAN SERVIS LAMPU, GRATIS!!!
juga menyediakan segala jenis tabung kaca lampu dan sparepart servis lampu.
sekring, resistor, dioda, elko, transistor, mylar dan semua alat pendukung servis lampu.
minat? langsung aja ke TKP,
jl. Lingkar Kudus-Jepara KM1,
dk. Kencing, jati Kulon 5/4, Jati, Kab. Kudus.
belakang PT. PURA, depan garasi bis EFISIEN.
085640000219

kaca lampu servis lampu jepara kudus demak pati

anday khan mengatakan...

Kirim price list kaca lampu ke andaykhan@gmail.com

Van D Rider mengatakan...

Nambah ilmu tentang elektronika per-LED-an nih... hehe...
Coba aah..

lekabuwavilah mengatakan...

Monggo gan...sama-sama blajar, trims udah berkunjung...!!!

Unknown mengatakan...

Skema nya ga ada ya

Anonim mengatakan...

Mas saya punya lampu selang kedip 10 m, powernya rusak, bila dihubungngkan langsung ke ac 220v caranya gimana? input lampu ada 3 terminal..Atau mungkin ada alternatif lain agar lampu tersebut dapat digunakan? saya mencari ganti powernya ditoko tidak tersedia...

Unknown mengatakan...

Klo nilai elko nya dirubah yg di perhatikan nilai apanya gan...

Unknown mengatakan...

Klo nilai elko nya dirubah yg di perhatikan nilai apanya gan...

Unknown mengatakan...

mantap gan...sangat bermanfaat ilmunya,,,

Unknown mengatakan...

Kalau transistornya putus seri DD3145, gantinya apa Boss?
Kasus untuk lampu led philips 13 Watt.
Mohon pencerahannya.
Trim's.

Paipai mengatakan...

makasih minceu
Solder uap