Kamis, 23 Oktober 2014

CARA MEMPERBAIKI SEKRING OTOMATIS


SEKRING OTOMATIS adalah generasi baru dari sekring lama atau sekring batu. Sekring ini, cara kerjanya lebih efektif dibanding dengan yang jenis batu. Memang, untuk memperbaiki yang jenis batu lebih mudah dibanding dengan yang otomatis. Untuk yang jenis batu ( lama ), kita cukup mencari kabel serabut sisa, 1-3 biji, lalu kita congkel penutupnya, dan kita ganti kabel yang telah putus karena konsleting dengan 1-3 biji serabut tadi. Tapi ingat, jangan terlalu banyak, karena bisa berakibat sekring tidak bisa putus, malah bisa-bisa merusakkan mcb karena sering "JEGLEK". Dan juga carilah serabut kabel yang asli tembaga, dan bukan abal-abal. Karena jika abal-abal, akan mudah terbakar dan membakar rumah sekring dan.......

Berbeda halnya dengan SEKRING OTOMATIS, untuk memperbaikinya, kita tidak membutuhkan serabut kabel. Isi dari sekring ini hanya meliputi pegas/per, pengait dan beberapa benda yang fungsinya tak jauh beda dengan sekring batu + rumah sekring. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka casing sekring dengan melepas 2 buah baut kecil yang ada di kedua sisi casing.

2. Putar ujung sekring dengan tangan kekiri untuk melepas bagian bawah sekring.

3. Setelah terbuka, dorong dengan hati-hati isi sekring keatas.

4. Perhatikan dengan teliti posisi tiap bagian sekring, bila perlu anda foto.

5. Cari kerusakan dengan seksama. Bila SEKRING OTOMATIS yang anda perbaiki harganya berkisar 10-15 ribu, biasanya kerusakan pada per/pegas utama ( terletak pada ujung sekring ), ganti dengan sistem kanibal, yakni cari sekring sejenis dengan kerusakan berbeda, pindahkan/ambil yang masih bisa dipakai ke sekring yang anda reparasi. Anda jangan mencari komponen di toko elektronik, karena saya rasa spare part nya tidak ada. Dan inti dari reparasi sekring otomatis ini adalah dengan sistem kanibal ( jika terjadi kerusakan parah/per putus ). Dan untuk kerusakan ringan, biasanya terletak pada pengait plastik yang terletak ditengah body sekring. Ambil saja pengait itu, tidak usah dipakai lagi, karena tidak begitu berpengaruh pada kinerja sekring.

6. Pasang kembali sekring yang telah anda reparasi, dan silahkan anda coba sendiri. Dan bila masih tidak bisa, bongkar lagi, perbaiki lagi. Jika masih tidak bisa juga...beli saja yag baru...he...he...


Nb : beli sekring dengan harga berkisar diatas 15 ribu untuk keamanan rumah anda. Dengan harga segini, biasanya per/pegasnya lebih besar dan tidak mudah aus atau leceek. Dan bila anda ingin mencari yang murah berkualitas, beli saja disini, meski bekas, namun kualitas dan kekuatan nggak perlu anda ragukan ha...ha... klik aja CARA PEMBELIAN pada laman, dan anda tidak usah repot-repot memperbaiki sendiri. Ok sob, sekian dulu artikel tentang CARA MEMPERBAIKI SEKRING OTOMATIS, Mudah-mudahan bermanfaat..
simak video ini agar anda paham cara memperbaikinya...




Tidak ada komentar: